Lets Talk About Kimia


Ikatan Kimia
Juli 6, 2009, 10:42 pm
Filed under: Ikatan Kimia

Ikatan Kimia
Materi terdiri atas atom. Oleh karena kimia mempelajari materi, teori atom merupakan fondasi logis kimia. Namun, kimia tidak berbasiskan atom saja. Kimia pertama akan muncul ketika atom bergabung membentuk molekul. Proses yang menjelaskan bagaimana karakter hubungan atom dengan atom, yakni pembentukan ikatan kimia sangat berperan dalam perkembangan kimia.
Untuk memahami ikatan kimia dengan sebenarnya diperlukan dukungan
mekanika kuantum. Kini mekanika kuantum merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari kimia. Jadi mekanika kuantum sangat diperlukan bagi yangingin mempelajari betapa pentingnya ikatan kimia.

Teori ikatan kimia sebelum abad 20
a Afinitas kimia
Teori atom adalah premis untuk konsep ikatan kimia. Namun, teori afinitas lebih disukai kimiawan abad 18 mungkin dapat dianggap sebagai asal teori ikatan kimia modern, walaupun afinitas kimia merupakan teori reaksi kimia. Dasar teori afinitas adalah konsep „like attract like“,sesama manarik sesama. Kimiawan Perancis Étienne François Geoffroy (1672-1731) membuat tabel dengan enambelas jenis zat didaftarkan dalam urutan afinitasnya pada zat lain (Gambar 3.1).
Karya ini memiliki signifikansi historis karena orang dapat memprediksi hasil reaksi dengan bantuan Gambar Dibawah Ini

Afinitas Elektron

Afinitas Elektron


Tabel afinitas kimia dari Geoffroy. Simbol yang digunakan di tabel ini adalah simbol yang awalnya digunakan para alkemi. Di baris pertama, enambelas zat didaftrakan. Di bawah tiap zat in, zat lain dengan urutan afinitasnya pada zat di baris pertama didaftarkan


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar